Kamis, 10 September 2015

Cara Install/Enable WiFi di Ubuntu 15.04

Donesia - Assalamu'alaikum
 Kali ini, admin magang mau share ilmu yang bermanfaat ini. Ubuntu baru-baru ini sudah me-release versi 15.04 (code name: vivid vervet).
Tapi yang akan saya bahas bukanlah fitur baru atau apalah-apalah yang di versi ini, tetapi saya HANYA akan share tentang cara menginstall Wifi (Wireless Fidelity). Mungkin bagi sebagian besar yang baru bermigrasi dari JENDELA ke UBUNTU. Akan kebingungan bagaimana caranya menginstall driver WiFi.

  Baik, bisa saya katakan bahwa driver WiFi untuk hardware terbaru sebenarnya sudah ada di file installer *.ISO nya. Jadi, bila kawan-kawan ingin install driver WiFi-nya, kawan-kawan setidaknya punya DVD/CD/Flashdisk Bootable. (Baca juga : Cara Membuat Bootable Flashdisk Menggunakan Rufus )

Hal yang harus dipersiapkan :
1. DVD/CD/Flashdisk Bootable ketika menginstall ubuntu.

Step :
1. Baca Bismillah agar proses bisa berjalan dengan lancar.

2. Masukan DVD/CD/Flashdisk Bootable yang ada installer ubuntu-nya (dengan versi yang sama).

3. Tekan 'Super' (Windows key) lalu cari 'Additional Driver'.
 4. Pilih WiFi yang akan diinstall. Disini, wifi saya yang broadcom itu. Pilih 'using .....'
 5. Setelah itu, klik Apply Change yang ada di bawah.
 6. Masukan password administrator (root).
 7. Ini penampakan bila proses sudah selesai. Bila diperlukan, lakukan saja restart komputer/laptopnya. Ini sangat disarankan.


  Terimakasih yang sudah sempat berkunjung ke blog kami. Semoga tutorial kali ini bisa membantu kawan-kawan yang sedang kesusahan.
#DesignerMagang #DM

Note : Dalam beberapa kasus "WiFi tidak bisa dinyalakan, bila di Additional Driver tidak nampak apapun. Cobalah tekan hotkey WiFi-nya(Fn+icon Wifi yang ada di keyboard).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar